PT Langgeng Maju Utama

Berapa Lama Daging Sapi Bisa Bertahan di Suhu Ruangan

Supplier Daging Sapi
Berapa Lama Daging Sapi Bisa Bertahan di Suhu Ruangan

PT Langgeng Maju Utama – Daging sapi menjadi bahan utama banyak sekali jenis makanan seperti dendeng, rendang, shabu-shabu, BBQ, dan lain sebagainya. Biasanya orang-orang menyimpan daging sapi mentah di dalam freezer agar lebih tahan lama. Namun, Anda juga perlu tahu berapa lama daging bisa bertahan di luar atau suhu ruangan.

Daging sapi berkualitas dari supplier daging sapi Jakarta terbaik mampu bertahan dalam jangka waktu 4-12 bulan jika disimpan di freezer. Tapi di suhu ruangan, daging sebaiknya dimasak dalam kurun waktu 2 jam. Daging yang terlalu lama dibiarkan di suhu ruangan akan terkontaminasi bakteri sehingga mudah busuk. Jika tidak segera dimasak, maka Anda harus melakukan pengolahan agar bertahan lebih lama. 

Concept of cooking with raw steak on wooden background Free Photo

Meskipun tidak selama jika disimpan di freezer, Anda bisa menyimpan daging sapi tanpa freezer dengan beberapa cara berikut ini:

Jangan Cuci Daging Sapi

Daging sapi memiliki bau yang sangat khas meskipun tidak seperti daging kambing yang baunya lebih tajam. Karena bau tersebut, beberapa orang ingin langsung mencuci daging sapi setelah mendapatkannya. Sebaiknya jangan cuci daging sapi sebelum akan dimasak.

Pasalnya mencucinya bisa membuat kandungan air dalam daging lebih banyak. Jadi daging lebih lembap dan lebih mudah terkontaminasi bakteri. Cucilah daging sapi saat Anda benar-benar akan memasak atau mengolahnya.

Penggaraman

Penggaraman merupakan salah satu teknik pengawetan daging secara alami dan aman. Teknik ini biasanya digunakan ketika daging sapi tidak bisa langsung dimasak namun tak ada freezer untuk menyimpannya.

Setelah mendapatkan daging sapi dari Langgeng Maju Utama, selanjutnya potong daging menjadi beberapa bagian. Usapkan garam pada setiap sisi daging secara merata. Gunakan wadah yang bersih dan kering, simpan daging di dalamnya dengan rapat.

Garam memiliki kandungan mineral yang mampu membuat daging lebih tahan lama. Biasanya daging bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

Pengeringan

Proses pengeringan juga bisa dilakukan untuk membuat daging lebih tahan lama. Namun jika menggunakan cara ini, Anda harus memasak daging untuk makanan-makanan tertentu seperti dendeng.

Cara mengeringkan daging sapi yaitu dengan menjemurnya. Sebelum dijemur, iris terlebih dahulu daging tipis tipis. Namun tidak setipis slice beef. Selanjutnya lumuri dengan air garam.

Keringkan daging yang sudah Anda iris tipis-tipis di bawah sinar matahari. Proses pengeringan bisa membuat daging bertahan hingga 1 bulan.

Pengasapan

Pengasapan biasanya dilakukan untuk menyimpan bagian daging yang berlemak. Sebelum diasapi daging harus dilumuri dengan garam terlebih dahulu. Pengasapan dilakukan hingga air hilang dan daging mengering.

Pastikan menyimpan daging yang telah diasapi pada tempat yang kering dan dingin. Daging dari supplier daging sapi Jakarta tersebut ternyata mampu bertahan sangat lama bahkan mencapai 6 bulan. Namun hal tersebut tergantung lingkungan dan suhu. Beberapa daging yang diasapi yaitu bacon, ham, dan pastrami.

Pengalengan

Teknik terakhir yang digunakan untuk menyimpan daging tanpa freezer yaitu pengalengan. Bahkan cara ini mampu mengawetkan daging hingga satu tahun. Cara melakukannya yaitu dengan memotong daging sapi kecil-kecil. Setelah itu masukkan toples, jangan lupa tambahkan garam ke dalam toples.

Daging yang sudah dikalengkan tersebut bisa disimpan di suhu ruangan. Pengalengan membuat Anda memiliki persediaan daging sapi hingga satu tahun yang akan datang.

Itulah pembahasan mengenai lama waktu daging sapi boleh dibiarkan di suhu ruangan. Agar lebih tahan lama, daging mentah harus ditaruh di freezer atau diolah dengan cara tertentu. Jangan lupa juga memilih daging sapi berkualitas dari supplier Jakarta ternama seperti Langgeng Maju Utama.